Apa Hukum Membuka Warung Internet (Warnet), Al-Lajnah Ad-Daimah



Jawaban: Jika perangkat ini dapat digunakan untuk perkara munkar yang bathil, merusak aqidah Islam, atau bisa untuk akses gambar-gambar (foto-foto) yang merusak agama, film cabul (porno), berita yang … atau perbincangan yang ….*, atau permainan (game-game) yang haram, dimana pemilik warnet itu tidak bisa mencegah kemungkaran-kemungkaran ini dan mengontrol perangkat ini, bila keadaannya seperti yang tersebut, maka haram bisnis itu karena membantu dalam perbuatan dosa dan perkara haram.
Allah berfirman dalam al-Qur'an dalam Surat al-Maidah ayat 2,
وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ
"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya." (QS. Al-Maidah: 2)

Dan Allahlah yang memberi taufik. Semoga shalawat dan sallam tercurah kepada nabi kita Muhammad, pada keluarganya dan para shahabatnya.

Al-Lajnah ad-Daimah lil Buhuts al-Ilmiyyah wa al-Ifta
Ketua: Abdul 'Aziz bin Abdullah Alusy-Syaikh
Anggota: Shalih al-Fauzan
Anggota: Abdullah bin Ghudyan
Anggota: Bakr Abu Zaid

ما حكم فتح مقهى إنترنت؟؟
الجواب:
إذا كانت هذه الأجهزة يتم لمستخدمها التوصل إلى أمور منكرة باطلة، تضر بالعقيدة الإسلامية، أو يتم من خلالها الاطلاع على الصور الفاتنة، والأفلام الماجنة، والأخبار الساقطة، أو حصول المحادثات المريبة، أو الألعاب المحرمة، ولا يمكن لصاحب المحل أن يمنع هذه المنكرات، ولا أن يضبط تلك الأجهزة - فإنه والحال ما ذكر يحرم الاتجار بها لأن ذلك من الإعانة على الإثم والمحرمات، والله جل وعلا قال في كتابه العزيز: سورة المائدة الآية 2 " وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ "
وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
الرئيس: عبد العزيز بن عبد الله آل الشيخ
عضو: صالح الفوزان
عضو: عبد الله بن غديان
عضو: عضو بكر أبو زيد
الفتوى رقم ( 21205 )
(الجزء رقم : 26، الصفحة رقم: 286)

Sumber: http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=124936 & http://www.albaidha.net/vb/showthread.php?t=33884

* yang kami tandai dengan …., kami biarkan kosong karena tidak bisa menerjemahkan. Mohon yang bisa, memberi masukan. (Pent.)


The Title of this article is Apa Hukum Membuka Warung Internet (Warnet), Al-Lajnah Ad-Daimah and talk about Apa Hukum Membuka Warung Internet (Warnet), Al-Lajnah Ad-Daimah. Url of Apa Hukum Membuka Warung Internet (Warnet), Al-Lajnah Ad-Daimah is http://fatawasalafy.blogspot.com/2011/12/apa-hukum-membuka-warung-internet.html. Give the opinion about Apa Hukum Membuka Warung Internet (Warnet), Al-Lajnah Ad-Daimah.



 
free counters

Klik

Back to top Copyright © 2011 | Blog Fatawa Salafy